Selasa, 17 Juni 2008

MENGENAL PAYPAL

Kalau anda ingin terjun ke dunia internet marketing, apalagi kalau berhubungan dengan partner dari seluruh dunia, sebaiknya anda tahu yang satu ini: paypal. Paypal merupakan sarana pembayaran internasional yang dikeluarkan oleh eBay. Dengan layanan ini, anda bisa melakukan pembayaran dan penjualan dengan lebih dari 150 negara di dunia. Dengan layanan ini juga, transaksi internasional akan lebih mudah, bandingkan dengan kalau memakai cek?

Kabar gembira, paypal sekarang terbuka untuk Indonesia. Beberapa waktu lalu, karena kejahatan carding, Indonesia menjadi negara yang di blackList oleh paypal, tidak bisa menarik dana, withdraw, hanya bisa mengirim.

Kabar gembira lagi, untuk bisa mempuinyai account paypal yang terverifikasi, kita tak harus memiliki kartu kredit, verifikasi bisa mebggunakan kartu ATM. Menurut pengalaman teman-teman, kartu ATM Indonesia yang bisa digunakan untuk verifikasi adalah yang dari Bank Niaga. Namun lebih baik memang menggunakan credit card, karena lebih terpercaya.

Bagaimana untuk mendaftar paypal? Kunjungi saja website resmi paypal. Untuk anggota baru anda akan diberi account type personal. Dengan account personal, anda sudah bisa melakukan transaksi transfer atau tarik dana dengan maksimal besarnya 100 USD sebanyak 6 kali setahun.

Tersedia pilihan jenis account yang lain, yaitu premiere dan bussines. Untuk mempunyai account jenis ini, anda harus punya credit card untuk verivikasi. Khabarnya, bisa bisa juga menggunakan kartu debet (ATM) dari bank niaga. Setelah melakukan proses verivikasi, kita akan mendapatkan nomor yang nanti harus dimasukkan ke verivikasi paypal. Nomor ini bisa didapatkan pada laporan bulanan kartu kredit. Nomor ini mungkin juga untuk meyakinkan paypal, bahwa kita pemilik kartu kredit yang dijadikan jaminan.

Setelah account terverivikasi, kita bisa meng-upgrade-nya ke type premiere atau business. Keuntungannya? Kita bisa menarik dana sampai 500 USD per hari, tak terbatas. Saran juga untuk orang Indonesia, yang mempunyai nama satu saja, upgrade ke type business, masukkan nama anda sebagi business name.

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mendaftar paypal:

Penulisan nama harus benar, jangan menggunakan nama asal-asalan seperti email. Paypal menggunakan nama depan dan nama belakang. Isikan nama anda sesuai KTP. Nama ini yang akan kita gunakan untuk menarik dana, yang akan dicocokkan dengan nama di rekening bank.

Untuk yang tidak punya nama belakang, seperti saya, ini agak rumit. Pengalaman saya, bank akan menolak transasksi paypal yang berbeda nama dengan nama di rekening bank. Menurut pendapat teman-teman, boleh menggunakan nama yang diulang, atau kalau anda punya title, masukkan title anda. Kalau tidak, gunakan nama depan dan nama belakang dengan nama anda. Setelah bisa verivikasi, upgrade ke type business. Type business tersedia bussiness name, hanya satu nama, bisa kita isikan dengan nama kita.

Tidak ada komentar: